PSAK No. 48 (Revisi 2009)—Penurunan Nilai Aset

PSAK No. 48 merupakan standar akuntansi keuangan yang diadopsi dari IAS No. 36 tentang Penurunan Nilai Aset atau Impairment of Assets.

PSAK 48 (Revisi 2009) memuat beberapa pengaturan yang berbeda dengan PSAK 48 (Revisi 1998) sebelumnya seperti misalnya mengenai uji penurunan nilai setiap tahun atas goodwill dan aset tidak berwujud dengan masa manfaat tidak terbatas. ED PSAK 48 mengusulkan ketentuan baru tersebut berlaku prospektif. Misalnya untuk goodwill dan aset tidak berwujud dengan masa manfaat tidak terbatas, maka yang terkena dampak perubahan PSAK 48 (Revisi 2009) adalah aset-aset tersebut yang didapatkan entitas setelah tanggal 1 January 2011. Sehingga untuk goodwill dan aset tidak berwujud dengan masa manfaat tidak terbatas yang didapatkan sebelum tanggal efektif (1 Januari 2011), pengaturan dalam PSAK 48 (Revisi 1998) tetap berlaku.

Namun, kini dengan mulai dilakukannya konvergensi IFRS, di mana penurunan nilai asset masuk ke dalam pembahasan IFRS 3 yang diatur dalam IAS 36 tentang impairment of assets, secara sederhana perbedaan antara PSAK 48 dengan IAS 36 terangkum dalam tabel 2.3.

Perbedaan PSAK 48 dengan IAS 36

Perihal

IAS 36

PSAK 48 (revisi 2009)

Ruang Lingkup Memasukkan biological aset dalam pengecualian ruang lingkup Tidak memasukkan biological asset dalam pengecualian ruang lingkup. Jadi biological asset masih tercakup.
Paragraf 4a Ruang lingkup mengenai subsidiaries. Diperjelas dengan menambahkan investasi dalam entitas anak yang disajikan dengan metode biaya dalam laporan keuangan tersendiri seperti yang dijelaskan dalam PSAK 4 Laporan Keuangan Konsolidasi dan Laporan Keuangan Tersendiri.
Paragraf 12 H Mengenai sumber informasi penilaian apakah suatu aset mengalami penurunan nilai. Ditambahkan informasi sesuai dengan perubahan di PSAK 4 Paragraf 12 H huruf (i) dihapus karena tidak relevan, terkait dengan perubahan di PSAK 4.
Penghapusan paragraf 91-95 Dihapus karena sudah menjadi appendiks C namun nomor paragraf selanjutnya tidak disesuaikan. Dihapus karena sudah menjadi appendiks C dan nomor paragraph selanjutnya disesuaikan.
Appendiks B Keterangan untuk menggunakan Appendiks B bila memakai IAS 16 versi sebelum 2003. Appendiks B dihapus karena tidak relevan. PSAK 16 sudah merujuk pada IAS 16 terbaru.
Paragraf 139 Masa Efektif 31 Maret 2004 secara prospektif. Masa efektif 1 Januari 2011 secara prospektif.
Paragraf 140 A-D Ketentuan Transisi terkait dengan perbaikan IFRS/IAS lain. Tidak diadopsi karena tidak relevan.

Sumber: Exposure Draft PSAK Nomor 48—Penurunan Nilai Aset.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s